Asesmen Lapangan (AL) Daring Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Universitas Bale Bandung

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah melaksanakan Asesmen Lapangan (AL) secara daring terhadap usulan/pengajuan Akreditasi Universitas Bale Bandung setelah hasil asesmen kecukupannya dinyatakan lolos berdasarkan surat pemberitahuan dari BAN-PT Nomor 2263/BAN-PT/SPT-AK/P/2021. Asesmen Lapangan (AL) secara daring dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari Rabu-Kamis tanggal 07-08 Juli 2021. Adapun Tim Asesor yang ditugaskan oleh BAN-PT untuk melakukan Asesmen Lapangan (AL) Daring terhadap Universitas Bale BandungĀ  adalah bapak Prof. Dr. Ir. Herman Parung. M.Sc. dari Universitas Hasanuddin, Bapak Prof. Dr. H. Muslimin Ibrahim, B.A., M.Pd, dari Universitas Negeri Surabaya, dan Ibu Dr. Ir. Mery Hasmeda, M.Sc. dari Universitas Sriwijaya.

Akreditasi Institusi merupakan bentuk pertanggungjawaban perguruan tinggi Universitas Bale Bandung dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara pendidikan tinggi, baik kepada pemerintah maupun kepada masyarakat.

Universitas Bale Bandung sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada BAN-PT yang telah memberi kesempatan dan kepercayaan kepada Universitas Bale Bandung untuk melaksanakan moment yang sangat berharga ini, khususnya kepada Tim Asesor yang telah menyempatkan waktunya untuk membantu kami dan telah menjalankan tugasnya secara profesional dalam proses Asesmen Lapangan (AL) Daring APT UNIBBA ini, mohon maaf seandainya terdapat kekurangan-kekurangan selama pelaksanaan AL Daring, dan tentunya masukan-masukan yang telah disampaikan oleh Tim Asesor merupakan hal yang sangat bernilai bagi institusi kami untuk perbaikan manajemen Universitas Bale Bandung ke depannya.

 

 

 

 

 

 

Sementara itu, Perwakilan tim asesor BAN-PTĀ  bapak Prof. Dr. Ir. Herman Parung. M.Sc. menekankan bahwa kedatangan tim asesor dalam asesmen lapangan (AL) daring ini atas nama BAN-PT dan seluruh aktivitas dalam AL daring direkam sebagai bukti kegiatan untuk mengkonfirmasi terhadap data yang dikirim Universitas Bale Bandung kepada BAN-PT yang berupa Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT). Adapun kegiatan Asesmen Lapangan (AL) secara Daring dilakukan dalam beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan, sesi dengan pimpinan Universitas Bale Bandung; sesi konfirmasi dan klarifikasi data (tim penyusun instrumen APT); sesi dengan penjaminan mutu; sesi dengan manajemen PT (pimpinan fakultas, lembaga dan biro/bagian); sesi dengan dosen dan tenaga kependidikan; sesi dengan mahasiswa; serta sesi dengan alumni dan pengguna lulusan.

Dalam kesempatan ini pula, Rektor Universitas Bale Bandung Dr. Ir. H. Ibrahim Danuwikarsa, M.S. tidak lupa untuk memberikan apresiasi kepada tim APT Universitas Bale Bandung, baik BPM, LPPM, Pusat Karir, dan unit kerja lainnya, khususnya tim penyusun instrumen akreditasi yang telah bekerja keras untuk terwujudnya APT Universitas Bale Bandung, serta berbagai pihak baik di dalam maupun luar kampus yang sudah bersedia membantu dan mempersiapkan segala hal hingga terlaksananya asesmen lapangan (AL) daring. Kegiatan akreditasi yang berlangsung hari Rabu hingga Kamis telah berjalan dengan lancar, tidak ada hambatan meskipun dilaksanakan secara daring dan semoga mendapatkan hasil sesuai dengan harapan.