Mentoring Pendidikan Agama Islam Program Studi Akuntansi Universitas Bale Bandung 2022

Sabtu pagi (12/11) bertempat di Aula Gd.RH Lily Sumantri Universitas Bale Bandung (UNIBBA), Departemen Keagamaan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi berkolaborasi dengan Forum Dakwah dan Ukhuwah Mahasiwa (FDUM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menggelar Pembukaan Mentoring Pendidikan Agama Islam yang bertajuk “Penguatan Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah melalui Pembinaan Agama ” . Acara ini merupakan kolaborasi antara pengelola lembaga yang diwakili oleh dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Agama dengan Organisasi Kemahasiswaan sebagai upaya menginternalisasikan nilai-nilai agama pada mahasiswa. Adapun peserta mentoring Pendidikan Agama Islam kali ini adalah mahasiwa semester 1 program studi akuntansi yang mengambil mata kuliah Pendidikan Agama.

Dalam kegiatan tersebut, sambutan pertama disampaikan oleh ketua Himpunan Mahasiswa program studi akuntansi, kemudian dilanjutkan oleh ketua FDUM, ketua BEM FE dan terakhir dari ketua BEM Universitas Bale Bandung yang memberikan penjelasan umum mengenai Penguatan Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah melalui Pembinaan Agama. Ia juga menekankan agar peserta mengikutinya dengan sungguh-sungguh. “Atas kesempatan emas yang didapatkan sekali dalam masa kuliah. Silahkan untuk mengikutinya dengan sungguh-sungguh. Niatkan untuk belajar dan ilmu agama,dan memperluas relasi juga” ujar ketua BEM UNIBBA.

Acara kemudian dilanjutkan dengan keynote speech yang disampaikan oleh Kang Robi Anshorullah, dari Yayasan Tenda Visi Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial dan keagamaan, Beliau menyampaikan mengenai pentingnya memegang teguh nilai-nilai akhlaqul karimah seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Pada sesi akhir materi, peserta melakukan do’a bersama dan muhasabah sebagai bentuk ikhtiar meluruskan niat serta memohon petunjuk dari Allah SWT. Dalam sesi ini nampak para peserta menitikan air mata sebagai salah satu tanda kesungguhan

 

Diakhir acara, para peserta dibagi kedalam kelompok-kelompok mentoring. Kelompok-kelompok ini nantinya akan menjadi wahana bagi para peserta di mentoring dalam 10 pekan kedepan. Kegiatan-kegiatan selama mentoring yang akan dilakukan oleh mereka diantaranya adalah kajian ilmu keislaman, kajian ilmu tajwid, Shirah sahabat Rasul,dan sharing bersama mentor.