UPT PPL

[slideshow_deploy id=’499′]
Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan intra-kurikuler yang harus ditempuh  mahasiswa FKIP UNIBBA dalam menyelesaikan studinya. PPL merupakan salah satu  mata kuliah kelompok PBM, dengan bobot kredit 4 SKS. Kegiatan PPL bertujuan memberikan bekal pengalaman praktis bagi mahasiswa FKIP UNIBBA dengan mengakrabkan mereka pada lingkungan kerja yang akan mereka hadapi di kemudian hari. Dengan demikian, mereka dapat mengembangkan berbagai wawasan dan berbagai kompetensi yang diperlukan oleh seorang guru yang  professional. Untuk itu, melalui PPL mahasiswa FKIP UNIBBA perlu mendapat kesempatan mencoba dan melatih diri dalam melaksanakan tugas-tugas profesional guru dengan memperhatikan perubahan­-perubahan di lapangan serta inovasi-inovasi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan. Program pengenalan lapangan ( PPL ) FKIP – UNIBB Pendahuluan FKIP merupakan salah satu fakultas di UNIBBA yang mencetak calon guru / pendidik. Banyak lulusan yang telah dihasilkan ratusan bahkan ribuan. Lulusan FKIP banyak yang terserap di berbagai sekolah dari tingkat sekolah dasar ( SD ) sampai  ke tingkat sekolah menengah atas ( SMA ), bahkan banyak lulusan FKIP yang bekerja di departemen non pendidikan seperti di pemerintah daerah. Guru / pendidik merupakan  ujung tombak untuk ,encetak anak bangsa menjadi manusia yang handal harapan bangsa dan negara. Oleh karena itu dituntut untuk mengembangkan IPTEK dan strategi kependidikan lainya. FKIP Bale Bandung dituntut mengembangkan IPTEK melalui kurikulum prodi sesuai dengan tuntutan lapangan khususnya kurikulum sekolah. PPL merupakan salah satu unit di FKIP untuk menempa calon – calon gur / pendidik menjadi tenaga yang handal setelah terjun menjadi tenaga pendidik yang sebenarnya. Oleh karena itu unit PPL harus kolaborasi dengan prodi. Permasalahan Ada beberapa permasalahn PPL yang perlu segera dibenahi, sbb :
  1. Sekolah tempat PPL selalu temporer yaitu tidak tetap berdasarkan selera / keputusan pihak sekolah
  2. Kurang disiplinya peserta PPL yang menyebabkan wibawa FKIP di mata sekolah rendah
  3. Pengetahuan  dan strategi pembelajaran yang dimiliki peserta PPL terlalu dangkal
  4. Reward / parismen yang diterima sekolah terlalu rendah
  • Tempat pelaksanaan PPL
Tempat pelaksanaan kegiatan PPL di wilayah kabupaten Bandung dan Bandung Barat pada jenjang sekolah menengah pertama ( SMP ) dan sekolah menengah atas ( SMA ).
  • Peserta PPL
Peserta PPL seluruh prodi yang ada di FKIP :
  1. Prodi pendidikan geografi
  2. Prodi pendidikan bahasa inggris
  3. Prodi pendidikan bahasa dan sastra indonesia
  4. Prodi pendidikan Ilmu pengetahuan sosial
  • Kegiatan PPL
  1. Kegiatan microteaching
  2. Kegiatan PPL
  • Keadaan keuangan
Keuangan diperoleh dari
  1. Kegiatan microteaching
  2. Dana kegiatan PPL
  • Rencana program kerja unit PPL 2021 / 2022
Dari hasil evaluasi dan temuan Lapangan yang segera di revisi, maka unit kerja PPL merencanakan program berikut :
  1. Perlu diadakan kerjasama yang definitip antara sekolah dengan unit PPL dalam hal ini FKIP  (M.O.U) agar pelaksanaan PPL berlangsung baik dan lancar.
  2. Unit kerja PPL akan memperketat persiapan PPL dari mulai persyaratan, microteaching sampai pelaksanaan kegiatan.
  3. Unit PPL aka terus mengupdate kebutuhan guru di sekolah samapai KBM, agar peserta PPL mengajar sesuai dengan kebutuhan sekolah.
  4.  Unit PPL akan selalu kolaborasi dengan prodi agar kurikulum sesuai dengan tuntutan lapangan.
  5. Unit PPL akan selalu terbuka dalam segala hal baik kepada peserta, pipimnan dan prodi agar tercipta kerja sama yang sinergis.
  6. Menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman,khususnya tempat kerja PPL.
  7. Akan membicarakan masalah keuangan khususnya uang lelah bagi sekoalah dengan pimpinan    ( FKIP ) karena salah satu kendala kerja sama dengan sekolah
Baleendah, 2 MEI 2021 Ketua, Drs. Suryana, M.Pd Lebih lanjut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.