Pimpinan

Ketua Program Studi : Asep Yanyan Setiawan, M.Pd.

Sekretaris Program Studi : Ikeu Rasmilah, M.Pd.

Ketua dan Sekretaris Prodi Pendidikan Geografi Masa Bakti 2016-2021

Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Bale Bandung didirikan pada tanggal 1 Maret 1985 pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bale Bandung oleh Yayasan Pendidikan Bale Bandung (YPBB), dan satu tahun kemudian keluarlah surat Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor: 0680/0/1986 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi tertanggal 8 Oktober 1986, dan pada saat itu mulai menerima mahasiswa Baru angkatan pertama dengan jumlah 12 Orang. Program Studi Pendidikan Geografi saat itu (1986) adalah satu-satunya program studi/jurusan yang ada pada STKIP Bale Bandung

Sejalan dengan perkembangan prodi dan STKIP bale Bandung dan menjadi salah-satu cikal bakal dan penggagas pendirian Universitas Bale Bandung (UNIBBA) dan memberikan sumbangsih besar dalam pembangunan UNIBBA karena saat itu jumlah mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi adalah yang terbanyak. Universitas Bale Bandung disahkan melaui SK Menteri Pendidikan Nasional nomor 80/D/O/2008 tertanggal 22 Mei 2008.

Rasa hormat dan terima kasih yang setinggi-tingginya kami kepada bapak dan ibu dosen (baik dosen tetap maupun dosen luar biasa) yang tentunya adalah guru-guru kami selama kami masih kuliah, terutama kepada dosen yang telah meninggal dunia mendahului kita (terutama Alm. Drs. Karyadi, M.Pd. dan dosen lainnya), semoga perjuangan dan amal baiknya menjadi ibadah dan mendapatkan tempat sebaik-baiknya di sisi yang Maha Kuasa.

Penghargaan dan terima kasih setinggi-tingginya pula kami sampaikan bagi bapak dan ibu dosen yang pernah menjabat sebagai ketua dan sekretaris prodi sebelum kami, serta kepada dosen yang telah menjabat sebagai Pimpinan Fakultas terutama Dr. Saeful Gunawan, M.Si, dan Dr. Hj. Neneng Nenih, M.P yang telah menjadi Dekan FKIP. Kami sadar bahwa capaian kami ini belumlah seberapa jika dibandingkan dengan para pemimpin sebelum kami. semoga Allah SWT membalas segala pengorbanan, perjuangan dan amal baiknya.

Banyak PR yang harus kita kerjakan dan kita benahi di tubuh Prodi Pendidikan Geografi agar kita tetap eksis dan tetap Jaya, untuk menjawab tuntutan mutu proses pendidikan yang kita laksanakan, agar dapat memenuhi tuntutan dunia kerja pada output lulusan kita, dan agar kita mampu menjawab tantangan zaman yang semakin sulit.

Regulasi kebijakan pendidikan tinggi terus berubah mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan adalah tantangan saat ini dan masa datang, diantaranya:

  1. Penerapan teknologi digital dalam proses pembelajaran harus kita kuasai dan ditingkatkan untuk mencapai mutu dalam pembelajaran kepada mahasiswa,
  2. Penerapan teknologi digital dalam pelaksanaan dan pelaporan setiap kegiatan penelitian dan pengabdian dosen.
  3. Tuntutan Peningkatan Fasilitas Labolatorium untuk menunjang Capaian Pembelajaran dan kompetensi mahasiswa dan lulusan.
  4. Peningkatan Kualitas dan kuantitas SDM pengajar/Dosen. Dari sisi Kualitas: peningkatan jenjang pendidikan Dosen, Jabatan Fungsional, sertifikasi dosen, dll. yang ditunjang dengan TriDharma PT, dan dari sisi Kuantitas adalah perekrutan dosen tetap baru).
  5. Peningkatan Jumlah mahasiswa
  6. Peningkatan jumlah Kerja sama
  7. Penerapan manajemen mutu (internal dan eksternal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.