Career Center

STUDI BANDING PUSAT KARIR UNIBBA

Delegasi Universitas Bale Bandung melaksanakan agenda Studi Banding di Universitas Widyatama. Dalam agenda tersebut,  berbagai hal yang berkaitan dengan Pusat Karir menjadi pokok pembahasan dalam diskusi. Pusat Karir merupakan bagian dari Universitas yang memiliki subjek pengelolaan diantaranya mahasiswa, alumni dan dunia kerja. Salah satu tujuan penyelenggaraan pusat karir adalah mempersiapkan calon lulusan Universitas agar mampu mengikuti dinamika kondisi lapangan kerja.  Selain itu, Pusat Karir juga berupaya memfasilitasi masuknya informasi yang berasal dari berbagai instansi mengenai kebutuhan tenaga kerja.

Lebih dari itu, Pusat Karir memiliki suatu program strategis yang disebut dengan Tracer Study.  Program ini bertujuan untuk menghimpun dan mengolah berbagai data dari alumni sebagai subjek survey-nya. Data yang dihasilkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan pendidikan pada Universitas yang bersangkutan. Tidak hanya itu, data tersebut juga dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan manajerial para pemangku kebijakan. Untuk itu agenda studi banding ini menjadi penting untuk dilaksanakan, terlebih karena Pusat Karir Universitas Bale Bandung baru berdiri pada tahun 2017. Sehingga memerlukan berbagai referensi informasi dalam pengelolaannya.

Berdasarkan hal tersebut diatas, agenda studi banding terhadap Pusat Karir Universitas Widyatama dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2018 bertempat di Ruang Rapat Rektorat Gedung A lt.2. Tepat pukul 10.00 rombongan diterima oleh kepala Career Center Widyatama Pipin Sukandi, S.E., M.M, beliau sekaligus sebagai koordinator Wilayah Jawa Barat dan Banten. Career Center Widyatama merupakan pemenang Bantuan Layanan Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan dari Kemenristek Dikti. Delegasi juga disambut baik oleh para Dekan, Ka.Prodi, dan Biro dari Universitas Widyatama. Agenda ini dibuka oleh Sekretaris Yayasan Widyatama Drs. H. Lili Irahali dan Sekretaris Universitas Uning Kuraesin, M.Pd.

Delegasi UNNIBA yang dipimpin oleh Achmad Darmawan (Ketua Yayasan) didampingi oleh Rektor Dr. Ir. H. Nasep Rachmat, M.M., M.Sc beserta jajarannya dan beberapa staff Pusat Karir menggelar diskusi dan sharing mengenai pengelolaan Pusat Karir. Informasi yang banyak digali oleh UNIBBA adalah mengenai pengelolaan sistem informasi, Program Kewirausahaan, dan teknik membangun relasi dengan perusahaan serta pencari kerja. Ditemui setelah diskusi, Dra. Rinayanti Laila Nurwulan, M.Pd. selaku Kepala Pusat Karir UNIBBA mengungkapkan bahwa “Setidaknya setelah ini, UNIBBA akan merancang standar dalam pengelolaan pusat karir. Lembaga ini kan dibuat untuk kebermanfaatan bagi mahasiswa, calon lulusan, dan alumni. Diharapkan Widyatama juga dapat menjadi model untuk keberkembangan pusat karir perguruan tinggi lainnya, termasuk UNIBBA“.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *