UNIBBA mendapatkan Dana Bantuan/ Hibah Program Pembelajaran Inovatif Wilayah Tengah Citarum Tahun 2018 dari Kemenristekdikti

Pada tahun 2018 ini, Alhamdulillah Universitas Bale Bandung (UNIBBA) telah mendapatkan Dana Bantuan/Hibah Kegiatan Pembelajaran Inovatif Wilayah Tengah Citarum dari Direktorat Pembelajaran Ditjen Belmawa Kemenristekdikti. Hal ini sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat.

Program KKN Tematik Citarum Harum yang diluncurkan Kemenristekdikti direalisasikan dalam berbagai bentuk program kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa  yang diusung oleh para mahasiswa peserta KKN. Kegiatan-kegiatan KKN Tematik memuat langkah–langkah Penanganan Terpadu Wilayah Sungai Citarum yang telah diintegrasikan dengan Citarum Roadmap and Investment Program sesuai Integrated Citarum Water Resources Management and Investment Program (ICWRMIP). Penyelesaian masalah melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Citarum Harum akan menjadi semakin baik karena dilakukan secara ilmiah dengan pendekatan ragam disiplin ilmu dan melibatkan berbagai lembaga terkait.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-5.png

Hal di atas menjadi dasar pengembangan kegiatan pembelajaran inovatif di wilayah Citarum dengan berbasis Proyek dalam program KKN Tematik Universitas Bale Bandung, yang tentunya telah disesuaikan dengan karakteristik, potensi, kebutuhan dan permasalahan pada lokasi pelaksanaan KKN. Segala bentuk program KKN telah disesuaikan dengan visi dan misi UNIBBA  sebagai cerminan bahwa pelaksanaan KKN di bawah naungan lembaga pendidikan tinggi UNIBBA.


This image has an empty alt attribute; its file name is image-9.png

Mahasiswa yang mengikuti Kegiatan Pembelajaran Inovatif Wilayah Tengah Citarum berjumlah 154 mahasiswa, yang didampingi oleh 14 orang Dosen Pendamping Lapangan (DPL) yang berasal dari 12 program Studi di lingkungan Universitas Bale Bandung (Agroteknologi, Agribisnis, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan IPS, Ilmu Pemerintahan, Akuntansi, Ilmu Keperawatan, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Matematika), Mahasiswa KKN tematik tersebut tersebar dalam 14 Kelompok.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-6.png

Lokasi dari dilaksanakannya Kegiatan Pembelajaran Inovatif dalam KKN Tematik Citarum Harum UNIBBA tahun 2018, melalui pengembangan model pembelajaran berbasis proyek adalah di Wilayah Tengah Citarum, yaitu sektor 6 (Kelurahan Baleendah) dan sektor 7 (Desa Rancamanyar), serta Wilayah Hulu Citarum (sektor 1/Desa Tarumajaya). Adapun titik fokus kegiatan di lokasi tersebut sebagai berikut:

Sektor 1: Desa Tarumajaya, Kec. Kertasari (Proyek Orbit/Pembibitan Bongkor)

Sektor 6: Kelurahan Baleendah (Proyek Gemar/Gerakan Memanen Air Hujan di Lokasi Pengungsian Banjir dan Proyek PKL RT/Pot Komposer Limbah Rumah Tangga)

Sektor 7: Desa Rancamanyar (Proyek Gemar/Gerakan Memanen Air Hujan di Lokasi Bantaran Citarum Wilayah Tengah dan Proyek PKL RT/Pot Komposer Limbah Rumah Tangga, serta Stand Tensi Darah dan Penyuluhan Kesehatan warga sekitar Citarum)

This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png

Untuk membaca beritanya >>> KLIK DISINI>>>

Share this:

Mungkin Anda Menyukai