rektor_unibba_Dr_Mumun_MulyanaUniversitas Bale Bandung (UNIBBA) didirikan pada tanggal 22 Mei 2008 dan sampai saat ini memiliki 7 Fakultas dengan 12 Program Studi tingkat Sarjana.

Universitas Bale Bandung (UNIBBA) didirikan atas dasar Surat Ijin Penyelenggaraan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 80/D/0/2008 tanggal 22 Mei 2008 adalah Lembaga Pendidikan Tinggi yang berlokasi di wilayah Kabupaten Bandung tepatnya di Jl. R.A.A Wiranatakusumah No.7 Baleendah.

Universitas Bale Bandung menyelenggarakan pendidikan tinggi tingkat Sarjana (S1) untuk program studi : Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Daerah, Pendidikan IPS, Agroteknologi, Agribisnis, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Akuntansi, Matematika, Ilmu Pemerintahan, Keperawatan.

Semua program studi telah memiliki Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan tergabung dengan Asosiasi Profesi sesuai dengan kompetensi keahlian bidang studi .

Dalam hal kerjasama UNIBBA telah menjalin kerjasama dengan Kopertis Wilayah 4 Jabar Banten, Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung, dll.

Alumni UNIBBA beberapa diantaranya telah banyak berhasil baik itu berkerja sesuai dengan kompetensi program studi yang mereka tempuh pada program studi masing-masing, menjadi wirausahawan ataupun melanjutkan ke pendidikan tinggi yang lebih tinggi seperti Magister dan Doktoral (sebagai contoh Dr. Hj. Neneng Nenih [Dekan FKIP UNIBBA], Yudi Yusdian, S.P., M.P. [Dekan FAPERTA UNIBBA], dll).